Ini Dia Cara Atasi Anak Autis

detail berita
Anak autis (Foto: Google)

Qalbinur Nawawi - Okezone
Browser anda tidak mendukung iFrame Selasa, 9 April 2013 19:19 wib
BAGI orangtua memang berat di awal untuk menerima kenyataan bahwa anak mereka menyandang autis, namun tidak usah  berkecil hati. Pasalnya, anak autis juga bisa menjadi layaknya anak normal bila diberikan penanganan yang tepat.

“Orangtualah hal yang paling utama bagi penanganan autis, karena tempat belajar pertama mereka tentang berperilaku datang dari orangtua. Tidak perlu hal yang rumit-rumit untuk mengajarkan mereka sesuatu. Cukup mulailah dengan menirukan cara meletakkan sendok dan mengambil. Hal ini berguna untuk mereka bisa sendiri nanti bila ingin makan. Simpelnya, itu sekali anak bisa, sampai seumur hidup dia akan bisa mandiri tanpa bantuan orang lain. Itu prinsipnya,” jelas Gayatri Pamoedji SE, MHC, praktisi autisme dari Masyarakat Peduli Anak Autis Indonesia (MPATI) dalam acara seminar bertema Diagnosis Akurat, Pendidikan Tepat dan Dukungan Kuat untuk Menciptakan Masa Depan Anak Autis yang Lebih Baik di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa, (9/4/2013).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, dukungan orangtua dan keluarga sangat penting. Hal ini karena membantu bagaimana mereka berprilaku, berinteraksi, dan berbicara kepada orang lain. Selain itu, pendidikan tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan kualitas hidup penyandang autis. Para orangtua harus mulai sejak dini melihat bakat dan potensi agar bisa mendapatkan sekolah yang pas dengan kondisinya.

“Sekolah yang sesuai dengan kondisi penyandang autisme memang sangat penting. Namun, para orangtua jangan berharap banyak dengan perubahan yang terjadi pada anak Anda. Hal ini karena para guru tidak setiap hari mengawasi mereka. Oleh karena itu, balik lagi, orangtualah yang lebih mempercepat perkembangan anak autis bisa lebih mandiri,” tutupnya.
(tty)




sumber : klik disini
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Pusat Layanan Autis Kalsel Kalsel- All Rights Reserved