Komputer Tablet Bantu Komunikasi Anak-anak Autis

Saat ini, penggunaan komputer tablet sebagai alat bantu komunikasi bagi anak-anak berkebutuhan khusus, bukan merupakan hal yang asing. Dengan faktor visual yang menarik serta mudah dioperasikan dengan layar sentuh, pengembangan tablet sebagai alat bantu komunikasi bagi anak-anak yang mengalami kesulitan berbahasa lisan, bisa menjadi hal yang dapat membuka jalan mereka untuk belajar berkomunikasi. Seperti yang terangkum dalam berita berikut ini.


REPUBLIKA.CO.ID, AUCKLAND — Penelitian terbaru di Selandia Baru menunjukkan bahwa komputer tablet seperti iPad membantu kemampuan komunikasi anak-anak autis.

Penggunaan iPad dengan aplikasi tertentu membuat kemajuan dalam komunikasi anak berkebutuhan khusus. Para orang tua melihat perubahan yang luar biasa dari perilaku dan kemampuan komunikasi anak karena alat canggih tersebut.

Ciaran Lewis (6 tahun) contohnya. Dia tidak berbicara, memiliki kesulitan berpakaian hingga harus dibantu untuk keluar dari kamar mandi. Namun, dia mampu mengoperasikan dan berkomunikasi dengan iPad.

Ciaran dapat memberitahu ayahnya apa yang ingin dia lakukan hanya dengan menunjuk gambar di layar. Kegiatan rutin dapat ditunjukkan melalui gambar dan suara. 

Tablet dengan aplikasi tersebut masih menjadi cara baru untuk komunikasi anak-anak autis. Peneliti dari Universitas Victoria Wellington menggunakan sebuah aplikasi yang memungkinkan anak-anak membuat permintaan dengan menekan ikon di layar.

Eksekutif Direktur di Penelitian Autisme Selandia Baru, Alison Molloy melihat penelitian tersebut memberi hasil positif. 

”Aplikasi itu telah membantu mereka fokus pada apa yang perlu dilakukan dengan cara yang membuat mereka tidak terlalu stres,” ungkap dia seperti dikutip 3news.com, Rabu (2/1).

Dia berharap aplikasi iPad tersebut tersedia di banyak tempat dan ada penelitian lebih lanjut. Dengan aplikasi tersebut, diharapkan anak-anak autis dapat mengucapkan kata-kata pertamanya.

 sumber : disini
Share this article :
 
Copyright © 2013. Pusat Layanan Autis Kalsel Kalsel- All Rights Reserved