Ide Makanan Sehat untuk Anak Autis

Anak-anak dengan gangguan spektrum autis, kerap memiliki masalah untuk mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya, ada masalah gangguan pencernaan yang menyebabkan mereka mesti menghindari kandungan tertentu seperti gluten dan kasein. Atau problem alergi pada jenis makanan, maupun masalah sensori yang membuat mereka menghindari tekstur makanan tertentu.



Misalnya, ada yang sensitif terhadap makanan yang panas, dan menyukai makanan dingin, atau sebaliknya. Ada juga yang menyukai tekstur ‘crispy’, dan menghindari apapun yang bertekstur lembek. Buntut-buntutnya, Bunda kesulitan menyiapkan makanan yang disukai si kecil, atau terjebak dengan rutinitas makanan yang itu-itu saja, sehingga anak pun menjadi bosan. Kan tak mungkin, si kecil disuguhi kentang goreng atau ayam terus-terusan?
Saat ini, di supermarket sudah tersedia pilihan bahan makanan yang bebas gluten dan kasein (CFGF). Merek seperti Orgran, menyediakan varian bahan makanan CFGF, mulai dari bahan pasta beras, spaghetti dari jagung, tepung bebas gluten dan kasein untuk membuat roti, pizza serta pastry, hingga remah tepung bebas gluten-kasein.


Namun, tak bisa dipungkiri bahwa bahan makanan maupun makanan jadi yang khusus untuk diet autistik tersebut memang tak murah. Beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk menyiasati hal ini adalah dengan kreatif memanfaatkan bahan makanan yang terdapat di sekitar kita. Misalnya, untuk pengganti cemilan berbahan tepung, Bunda dapat mengolah jagung, ubi, sagu, kentang dan singkong sebagai selingan. Keripik singkong dan kentang, kue-kue dari tepung beras, berondong jagung atau popcorn, puding dari konyaku/rumput laut tanpa gluten, buah-buahan segar yang dibekukan (jika si kecil gemar makanan dingin) atau smoothies buah, bisa menjadi pilihan. Cermatilah apa yang menjadi kesukaan anak. Buat list makanan yang disukai dan tidak, serta yang harus dihindari dan dibolehkan. Sereal bebas gluten dan dairy saat ini juga dijual di beberapa supermarket tertentu, dapat menjadi alternatif untuk sarapan, disertai dengan susu beras atau susu kedelai. Beberapa brand, seperti Enviro Kidz, menyediakan pilihan sereal CFGF.



Terakhir, jangan lupa untuk mengecek kandungan maupun label nutrisi yang terdapat di bahan makanan tersebut. Pastikan bahwa kandungan gula, sodium, serta bahan lainnya (apakah mengandung kacang, pewarna, atau tambahan lainnya) yang mungkin harus dihindari bagi diet si kecil. Selamat berkreasi dan mencari ide!

sumber: disini



Share this article :
 
Copyright © 2013. Pusat Layanan Autis Kalsel Kalsel- All Rights Reserved